expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Pasang Iklan Disini

Pasang Iklan Disini

Senin, 07 April 2014

Tempat yang Asik-asik di Banda Aceh Diwaktu Malam


    Halo semua.. Emak-emak.. Bapak-bapak.. Adek-adek.. dan teman seperjuangan, nah..  bicara tentang Banda Aceh emang ngga pernah ada habisnya ya.. Mulai dari Budaya, Eksotisme pemandangan, Makanan, Tsunami, Hingga Ladiesnya itu masih juga di bahas sampe sekarang dan masih akan dibahas dimasa yang akan datang..

     Nah pada kesempatan kali ini ane bahas sesuatu yang unik nih.. Tempat yang asik-asik di Banda Aceh saat malam tiba. Buat kamu-kamu yang udah pernah ke Banda Aceh apa pernah mengunjungi tempat ini? Kalau ngga ada berarti kamu ke Banda Aceh cuma hoax dong.. Atau istilahnya belum resmi  pernah pergi ke Banda Aceh.














1. Halaman Mesjid Raya Baiturahman

    Kalau orang Banda Aceh bilang, "Belum lengkap ke Banda Aceh kalau belum merasakan 3 hal, Mie dan Kopi Aceh dan pergi ke Mesjid Jantung Hati Rakyat Aceh, Mesjid Raya Baiturahman. Tahukah kamu kalau Mesjid Raya Baiturahman ini adalah 5 besar Mesjid Terindah di Indonesia? Bahkan masuk ke dalam 100 Besar Mesjid Terindah di Dunia?

    Mesjid yang indah dan sangat memukau mata ini selain punya nilai sejarah besar sejak perang melawan Belanda dulu, terus berganti beberapa kali dan mengalami renovasi hingga sekarang memiliki 5 buah kubah, ternyata Mesjid ini juga punya eksotisme tersendiri loh di waktu malam. Dengan halaman yang lumayan luas, anda dapat duduk-duduk di pinggir kolam ikan yang teduh di tambah lampu halaman dan pemandangan pohon yang rindang bisa membuat anda yang sedang stress jadi sehat wal afiat lagi loh hehe.. boleh percaya boleh tidak.. silahkan dicoba sendiri.

     Nah sekedar info nih.. kalian juga bisa memberi makan ikan loh, banyak penjual makanan ikan di sekitaran halaman Mesjid Raya. Cobalah kalian test memberi makan para ikan itu, pasti ikannya pada rebutan makanan yang anda lemparkan. Tapi jangan sembarangan memberi makanan yah.. seperti memberi Indomie.. kasihan ikannya memakan makanan yang tidak bergizi.. hehe..


             



           

         Buat kamu-kamu yang lupa bawa kamera, disini juga banyak para fotografer yang siap mengabadikan kenang-kenanganmu bahwa kamu pernah ada di Mesjid Raya Banda Aceh ini, hehe..











2. Nongkrong di Warung Kopi



      Aceh yang yang terkenal dengan julukan "negeri 1001 warung kopi" masa kamu belum pernah pergi ke tempat seperti ini? Belum lengkap ke Acehnya kalau belum nyoba kopinya. Menghabiskan malam bersama teman-teman anda sambil menikmati secangkir kopi betapa nikmat rasanya bukan?

      Nah berikut ini ada beberapa warung kopi terkenal di Banda Aceh, sedikit saran buat ente-ete kalau mau pergi ke tempat ini kalau tidak lebih awal, ya lebih di akhir.. rame pokoknya beuh..

      Kawasan Batoh adalah kawasan dengan pengunjung warung kopi terbanyak di Banda Aceh. Mulai dari Simpang Surabaya ada daphu kupi, kemudian kamu juga akan menjumpai warung kopi seperti Vi Ai Pi, Jalu Gaza, Ring Road Coffee, dan masih banyak lagi bertaburan dikawasan ini.

      Berlari sedikit kearah simpang 5 Banda Aceh, ada Toprem (Tower Premium), dan Yellow Cafe. Kita berpindah lagi ke arah Taman Sari - Ulee Lheue ada IloveAceh  Coffee, Ulee Lheue Bay n Resto, Join Kupi, PW coffee, dan masih banyak lagi warung kopi bertabur di Banda Aceh yang tidak bisa saya sebutkan semuanya, Insya Allah next time akan di share.


                   














3. Nongkrong di Blang Padang 

     



       Nah buat kamu jiwa muda yang senang dengan olahraga pagi pasti sudah tau kan tempat ini, sebuah lapangan luas yang terletak di depan museum Tsunami dan SMAN 1 Banda Aceh ini. Dengan replika pesawat pertama Indonesianya (pesawat Seulawah Agam yang disumbangkan orang Aceh pada masa dulu untuk melawan Belanda) menjadi ciri khas lapangan Blang Padang ini.

        Nah sedikit cerita tentang pesawat pertama di Indonesia ini, pesawat ini dibeli dengan harga kurs saat itu menyentuh harga US$ 120.000 atau seharga 25 kg emas. Pada saat itu semua orang Aceh menyumbangkan banyak sekali hartanya mulai dari uang menjual telur, sampai emas yang melekat di badan rela di jual demi terbebas dari penjajahan Belanda. Kebayangkan betapa berartinya tugu yang satu ini bagi para masyarakat Aceh.

        Pada waktu malam juga banyak kok aktifitas di lapangan ini. Kamu juga dapat menyebutnya alun-alun kota Banda Aceh. Nah disini kamu dapat bermain bola, basket, bahkan untuk jogging juga ada kok di waktu malam, kecuali di malam hujan yang ngga ada orangnya hehe..

         Sesekali selain di Stadion, di lapangan ini juga ada diadakan event kontes musik ataupun pergelaran seni budaya, dan juga band-band yang tampik, kebayang kan gimana ramenya lapangan ini? padahal ukurannya melebihi Stadion, namun bisa saja lapangan ini menjadi penuh jika ada event besar.

         Jika kamu berniat bermain bola bareng teman-temanmu juga bisa kok.. Di blang padang ini Subhanallah besarnya luasnya.. Kamu bisa main di bagian mana saja.. hehe..


            














4. Kawasan Pinggir Pantai Ulee lheue





     Kawasan yang terletak di dekat pelabuhan menuju pulau Sabang ini ada kawasan yahud buat kamu yang senang dengan jalan-jalan malam. Suasana angin laut yang menerpa serta pemandangan laut lepas sangat memanjakan mata. Sesekali kamu dapat melihat lampu dari kejauhan pulau Sabang dari tempat ini. Kawasan ini merupakan kawasan pinggiran batas kota Banda Aceh, yaiyalah batas pinggir kota, wong langsung ketemu laut ya kan.. hehe..

      Namun untuk jalan dari kawasan ini menuju Pelabuhan sudah ditutup untuk waktu malam, suasana yang sangat sepi dan gelap salah satu hal yang harus dihindari terutama bagi muda-mudi calon penerus Aceh sendiri untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Nah demi alasan ini hanya kawasan akses menuju Pelabuhan saja yang ditutup pada waktu malam.

      Kembali lagi ke kawasan ini, di sepinggiran jalan banyak juga loh penjual jagung bakar, nah kamu bisa duduk santai sambil diterpa angin menikmati pemandangan laut dan jagung bakar juga tentunya. Pokoknya ajib deh.. Tak jauh dari sana, beberapa warung kopi ternama juga menghiasi sepanjang jalan menuju Ulee Lheue. Ngga ada salahnya nyobain kopi lagi.



            



            











5. Santapan Kuliner di Rex Peunayong





     Nih buat kamu yang doyan makan, cobain kesini di kawasan Peunayong didepan hotel Prapat dan hotel Medan. Nah di tempat ini tersedia banyak ragam kuliner-kuliner lezat dari berbagai daerah. Mulai dari nasi goreng, mie Aceh, Sate, dan yang paling favorit di tempat ini adalah kerang rebusnya.

     Ngga tau deh kenapa, tapi sejak ane kecil, keluarga ane juga suka makan disini nyicipin kerang rebusnya.
Mungkin karena letak dengan pantai dekat dan kerangnya masih segar yang membuat enak serta bumbu masakannya yang memang kalau bumbu makanan di Aceh ngga ada obat deh, dijamin Lezat..

     Setelah tsunami sendiri kawasan Rex juga sudah mengalami renovasi, yang berbeda dengan Rex sebelum tsunami, lantai di kawasan Rex ini di penuhi dengan  kulit kerang yang menjadi ciri khas Rex di jaman dulu, untuk yang sekarang sudah lebih modern. Namun untuk citarasa masih sama seperti dahulu.

     Nah tidak jauh dari situ kamu juga dapat melihat yang namanya krueng Aceh (sungai aceh), yakni sungai yang paling besar dan paling panjang di Banda Aceh.



             


             











6. Taman Ratu Safiatuddin, taman yang hanya muncul 4 tahun sekali





      Mengapa hanya muncul 4 tahun sekali? apakah tempat ini bernuansa ghaib? tentu tidak dong..
Taman Ratu Safiatuddin adalah tempat digelarnya Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) yang hanya akan berlangsung 1 minggu setiap 5 tahun sekali.

      Pekan Kebudayaan Aceh terakhir kali adalah PKA VI yang selesai pada September 2013, nah berarti pada tahun 2018 baru diadakan PKA lagi yang ke VII. Nah.. diluar waktu itu kawasan taman yang terletak di samping kantor Gubernur ini pasti akan terlihat sepi.

   


            


 


    Hmmm..  Bule-bule yang berasal dari luar negeri aja banyak yang pergi ke tempat diatas, masa kamu belum pernah.. belum kerasa bermalam di Acehnya kalau belum nyobain semuanya.. Nah jangan lupa kunjungi next time ke Banda Aceh ya..

    Ditunggu loohh :)



35 komentar:

  1. Jadi pengen ngopi di Aceh..

    Hehe nice tips gan..

    BalasHapus
  2. jalan jalan men :3 museum tsunami mana . jalan jalan men

    BalasHapus
  3. mm nice tip i like that :)

    BalasHapus
  4. wooww mas, tempatnya indah indah banget, pengen kesana, ada saudara si diaceh, [ernah sekali ketemu tp bukan di aceh. Pengen banget silaturahim kesana

    BalasHapus
  5. artikelnya snagat bagus mas, menambah wawasanku tentang aceh . . keep posting mas jimmy

    BalasHapus
  6. lanjutkan, buat lebih menarik gan untuk blog selanjutnya, LANJUTKAN :D =))

    BalasHapus
  7. Jimmy Firmansyah7 April 2014 pukul 23.20

    hehe... terima kasih semuanya..

    jangan lupa main-main ke Banda Aceh atuh..
    kita ngopi bareng ntar.. :D

    BalasHapus
  8. Bagi kopinya dong..
    kopi ulee kareng..

    BalasHapus
  9. pengen juga sih ke sana..
    makan mie Aceh

    BalasHapus
  10. iqbal si hidung belang8 April 2014 pukul 04.45

    pengen nongkrong di blang padang, enak kayaknya

    BalasHapus
  11. artikelnya bagus mas...
    cuman ane baru tau kalo di aceh ada tukang sate matang ..
    emang ada tukang sate mentahnya mas .. hehehe

    BalasHapus
  12. widiiihh,,,,,, gw pngen k pantai ulee lheue nongkrong nongkrong pinggir pantai euy, ada duren ga? duren montong? tau kan lu bro apa yg gw maksud?? hahaha

    BalasHapus
  13. Jimmy Firmansyah8 April 2014 pukul 04.58

    kodoy: memang kalau disana namanya sate apa bro? haha

    Randy: duren montong itu apa -.-

    BalasHapus
  14. Great sharing! Didn't know there are so many interesting places in Aceh after night falls. Will definitely try out in my next visit there! (:

    BalasHapus
  15. Jimmy Firmansyah8 April 2014 pukul 05.37

    hehe.. please visit Banda Aceh too if you go to Aceh next time :)

    BalasHapus
  16. Banda Aceh emang hebat. Aku sih YES!

    BalasHapus
  17. hahahah.. Banda Aceh is a nice place to take a rest, doing trip, or visit some religious place at there! :D

    We also doing project to combine magic and art of Aceh in a show ever hold in ABDYA that we called: Pertunjukan Sulap dan Seni Aceh. You can see that show in my youtube channel: www.youtube.com/mrmentalisabdya

    BalasHapus
  18. To be honest with all readers, i havent been there in banda aceh but upon looking on the place thru pictures with some explanations by the writer or blogger, i find it very interesting. As s tourist, i think it would be best for me to visit the place as it will deepen my knowledge on the culture, lifestyle, history of the people living in that place. A double kudos for having a nice and informative article.

    BalasHapus
  19. ane belum pernah ke banda aceh gan. . pengen banget kesana gan, , hhe

    BalasHapus
  20. Kota yang penuh makna dan sangat berkesan bagi siapapun yang mengunjungi..
    nice article...

    BalasHapus
  21. Saya suka minum kopi Aceh..
    enak banget.. seriusan..

    BalasHapus
  22. mahal bang tiket kesananya..
    :3

    BalasHapus
  23. Ditunggu yak kunjungannya..

    jangan lupa kata "peu haba" kalau ke Aceh
    :)

    BalasHapus
  24. Mantap Banget Tulisan ya.
    Destinasi Lengkap Aceh cuma Ada di : http://acehplanet.com/

    BalasHapus
  25. mank asik tulisannya. jgn lupa mampir ya : http://charmingaceh.blogspot.com/2014/04/jangan-ke-banda-aceh.html

    BalasHapus
  26. Bagus artikel nya, jangan lupa mampir kemari ya : http://bandaacehvisit.blogspot.com/2014/04/banda-aceh-icon-para-cendekia-aceh.html

    BalasHapus
  27. mantap, so mampir juga ya ke tempat kami: http://informasi-syarif.blogspot.com/2014/03/hutan-kota-icon-paru-paru-serambi-mekkah.html

    BalasHapus
  28. Makasih infona.. kami jadi mudah cari tempat yg asik n sudah mencoba bbrp, terutama di peunayong.. eh jln di blkg sate tuh ada jual durian yg ok juga, tinggal pilih yg manis atawa yg pahit, harganya jg gak mahal..

    BalasHapus
  29. We are the World's Largest Online Football Agent and Trusted. The transaction process is safe, fast and comfortable is our commitment to make our loyal customers even more pleased to recommend our services to their fellow colleagues. Agen Bola Casino Poker Togel Online Terpercaya | Agen Casino Online

    BalasHapus
  30. Ditunggu kedatangannya di Aceh, need guide call me, 2B4DB056

    BalasHapus
  31. ArenaDomino Partner Terbaik Untuk Permainan Kartu Anda!
    Halo Bos! Selamat Datang di ( arenakartu.org )
    Arenadomino Situs Judi online terpercaya | Dominoqq | Poker online
    Daftar Arenadomino, Link Alternatif Arenadomino Agen Poker dan Domino Judi Online Terpercaya Di Asia
    Daftar Dan Mainkan Sekarang Juga 1 ID Untuk Semua Game
    ArenaDomino Merupakan Salah Satu Situs Terbesar Yang Menyediakan 9 Permainan Judi Online Seperti Domino Online Poker Indonesia,AduQQ & Masih Banyak Lain nya,Disini Anda Akan Nyaman Bermain :)

    Game Terbaru : Perang Baccarat !!!

    Promo :
    - Bonus Rollingan 0,5%, Setiap Senin
    - Bonus Referral 20% (10%+10%), Seumur Hidup


    Wa :+855964967353
    Line : arena_01
    WeChat : arenadomino
    Yahoo! : arenadomino

    Situs Login : arenakartu.org

    Kini Hadir Deposit via Pulsa Telkomsel ( Online 24 Jam )
    Min. DEPO & WD Rp 20.000,-

    INFO PENTING !!!
    Untuk Kenyamanan Deposit, SANGAT DISARANKAN Untuk Melihat Kembali Rekening Kami Yang Aktif Sebelum Melakukan DEPOSIT di Menu SETOR DANA.

    BalasHapus
  32. < Slotbankbpd.com > Bagi pecinta Slotbankbpd maupun bank indonesia bisa dapat anda rasakan permainan Slot PG Soft . Serta online 24 jam hingga bisa mendapatkan bonus menarik yang bisa anda dapatkan. Akan di bantu kemenangan yang bisa anda dapatkan hari ini

    Judi Slot PG Soft Deposit Bank Lampung
    Slot Online Deposit Bank Lampung
    Situs Slot PG Soft Deposit Bank Lampung
    Slot Deposit Bank Lampung
    Judi Slot PG Soft Deposit Bank BPD Lampung

    BalasHapus
  33. SITUS JUDI ONLINE TERLENGKAP DAN TERPERCAYA PASTINYA HOKI 99% !!!!

    BOLAVITA merupakan Bandar Judi Online Terpercaya dan Terbaik yang menyediakan berbagai permainan, seperti :
    - SLOT GAME
    - SPORTBOOKS
    - LIVE CASINO
    - POKER ONLINE
    - JOKER / TEMBAK IKAN
    - COCKFIGHT / SABUNG AYAM
    - TOGEL ONLINE
    - BALAPAN TIKUS

    BOLAVITA juga menyediakan berbagai macam bonus yang menarik, seperti :
    - BONUS DEPOSIT APLIKASI OVO BVGAMING
    - BONUS 100% NEW MEMBER SLOT
    - BONUS NEW MEMBER SEMUA PERMAINAN 15%
    - BONUS REFERRAL 12%/BULAN
    - KOMISI MINGGUAN POKER TANPA BATAS MAKSIMAL
    - BONUS DAILY RELOAD SLOT ONLINE 10% ,SPORTBOOKS 5% DAN LIVE CASINO 5%
    - BONUS 8X,9X,10X WIN STREAK
    - BONUS CASHBACK5-10% SABUNG AYAM & SPORTBOOKS
    - BONUS ROLLINGAN LIVE CASINO & SLOT 1%


    Dengan layanan transaksi yang cukup banyak dan aman, pastinya guna mempermudah member BOLAVITA dalam melakukan traksaksi permainan.

    DAFTARKAN DIRI ANDA SEKARANG JUGA, RAIHLAH JACKPOT KEBERUNTUNGAN ANDA DISINI !!!
    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +6281297392623

    #bolavita #promobolavita #judionlinebolavita #bonusbolavita #slotbolavita #judibolavita #bolavitadepobsi #depositbsi

    BalasHapus