expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Pasang Iklan Disini

Pasang Iklan Disini

Rabu, 18 September 2013

Serba Aceh di Bandung, Suasana Aceh di Kampung Orang



    Setiap hari bertemu dengan orang sesama Aceh, minum kopi Aceh, akan mie Aceh, mungkin sudah biasa.
Tapi bayangkan, anda pergi jauh-jauh ke kota orang dan menemukan apa yang ada di tanah Aceh kita, AMAZING tentunya bukan.

    Terkadang kita tak sengaja pergi ke sebuah kota, bertemu dengan orang Aceh, rasanya seperti bertemu kawan lama yang padahal kita saja tak mengenal orang teresebut, hehe.Pernahkah anda pergi ke kota Kembang? ya kota Bandung. Kota yang terkenal dengan hawa dinginnya serta kecantikan "neng geulis" nya ini ternyata banyak tentang Aceh yang bisa kita temukan disini. Berikut saya share aja berdasarkan pengalaman saya sendiri.







1. Angkot Aceh

    Siapa supir angkotnya sih saya juga belum pernah kenalan, tetapi katanya sih juga orang Aceh yang sudah lama merantau di Bandung dan menetap disini. Angkot ini sering saya lihat di jalan Karapitan kota. Sepertinya jumlah angkot yang bertuliskan Aceh ini ada sekitar 3 armada di Bandung, yang salah satunya juga balapan dengan saya yang kebetulan memakai baju bertuliskan Aceh ketika berlibur ke daerah Kawah putih di selatan kota Bandung.


2. Masyarakat Aceh

    Bertemu secara kebetulan dengan orang Aceh di Bandung pasti merupakan sesuatu yang unik, dan mungkin saja menjadi pengalaman yang menyenangkan, apalagi dimasa yan gakan datang dia menjadi jodoh kita ^^ . Nah, sekedar informasi nih, ada ratusan orang Aceh di Bandung, bahkan bisa lebih dari seribuan orang mungkin, karena ngga semua kita tau keberadaannya.

    Orang Aceh di Bandung itu terkenal dengan kekompakannya. Apakah itu dari yang sudah lama menetap dan berkeluarga di Bandung, pengunjung dari Aceh ke Bandung, bahkan sampai mahasiswanya.

    Maka dibuatlah sebuah wadah perkumpulan orang Aceh di Bandung, yang diberi nama "KAMABA" yang berarti Keluarga Masyarakat Aceh Bandung. Biasanya setiap tahun KAMABA membuat acara untuk merekatkan persaudaraan sesama Aceh agar tetap kompak selalu.

    Hampir di semua perguruan tinggi di Bandung juga ada mahasiswa Acehnya, seperti di ITB, Telkom, IPDN, Unpad, Unikom, Itenas, dll. Dan tentu ada pula komunitas Acehnya di setiap kampus, agar tetap terjalin rasa kebersamaan sesama orang Aceh dengan kampus lain.

    Asrama Aceh juga ada kok disini, bukan cuma 1, setau saya ada 3 disini, yang paling populer tentu saja Asrama Belimbing dekat Taman Pramuka, kemudian juga ada asrama di Cicendo, (satu lagi saya lupa namanya).

    Saya share beberapa penampakan orang Aceh di Bandung, yang manatau rakan nanti bertemu salah satu fenomena di bawah ini.


                                                  


                                                  




 Mauliady Satria                                               Endah Sari 

   Orang Aceh disini disegani loh, preman disini aja segan sama orang Aceh. Orang bos nya orang Aceh.
Tapi maaf saya tidak bisa mengatakannya, takut menyebarkan nama baik orangnya :^^
.
   Nah itu cuma beberapa fenomena saja, masih banyak yang lain yang tidak mungkin saya post semua disini.
semoga beruntung bisa menemukan beberapa foto diatas. ^^




3. Warung masakan Aceh


     Selama 2 tahun saya di Bandung, ada 6 tempat yang saya tau yang menjual masakan Aceh. Nah saya share satu per-satu di bawah ini.



  

 
Phone:
(022) 70705596



>Gampoeng Aceh

yak, ini adalah salah satu yang paling terkenal dan pasti ramai setiap harinya dikunjungi di kota Kembang ini.
Setahu saya ada 3 cabang Gampoeng Aceh di Bandung, di kawasan Ciumbeuluit, Dago Kota, dan Burangrang. Ini juga merupakan tempat favorit saya makan, terutama yang di kawasan Dago kota, selain tempatnya yang sangat menawan desainnya, banyak juga masyarakat Aceh yang sering ngumpul disini.























> Kedai Mie Cie Rasa Loom

  Sama seperti apa yang ada dijual di Gampoeng Aceh yang dimana kopi Aceh, Mie Aceh, dan roti Cane yang menjadi andalan disini, tempat yang satu ini ternyata pernah memenangkan kompetisi makanan terlezat kategori "mie" di kota Bandung. Setau saya, kedai ini juga memiliki 3 cabang. Yang mana satu terletak di kawasan Buah Batu, dan juga jalan menuju Universitas Telkom.

 

> Warung Rencong

    Sama hal nya seperti 2 diatas, yang membedakan tempat ini adalah letaknya yang sangat jauh dari kota.
Ya, jika anda yang bepergian ke arah Ciwidey yang melewati Banjaran menuju Soreang, pasti anda akan melihat telpat yang satu ini.




> Warung Aceh sukabirus, kawasan Telkom University, dayeuh kolot.

    Nah untuk yang satu ini, pasti sudah pernah dikunjungi seluruh mahasiswa Telkom yang berasal dari Aceh.
Selain mie Aceh, juga sering di jual Soto Aceh disini. Untuk fotonya belum sempat ngambil. hehehe..

> Bubur Aceh






   Jika mata anda tidak setajam elang, mungkin anda tidak akan pernah mendapatkan tempat ini.
Karena lokasinya di tempat yang padat, juga terletak di antara ruko-ruko yang bisa di bilang tinggi, membuat lokasi ini agak susah ditemukan.

   Tempat yang terletak di kawasan Buah Batu, dekat persimpangan cijagra ini juga banyak diminati, tapi saya sendiri belum pernah nyobain sih. hihi.. doakan saja awal bulan teringat tempat ini. Satu hal yang unik di tempat ini adalah slogan posternya, "jangan beli.... Nanti bisa ketagihan". Makanya saya takut beli.. ^^

> Warung Langsa

   Kata beberapa temen dari Aceh katanya sudah pernah kesini. Tapi saya sendiri belum pernah ke tempat yang satu ini.


> Dapur Aceh





   Berlokasi di jalan Lapang Sudirman, dekat jalan Supratman.
 menurut saya, disini sih makan yang paling enak. Kalau masalah lokasi mungkin masih kalah kelas dengan Gampong Aceh atau Mie Aceh Cie Rasa Loom.

4. Jalan Aceh



 


   Yak, lokasi jalannya berdekatan  dengan jalan Riau dan juga daerah Siliwangi, Bandung.
Jalannya ngga terlalu lebar sih, karena bukan jalan utama juga di kawasan ini.


 Sekian dulu dari saya semoga terhibur..
:v









1 komentar:

  1. Ada ndak orang bandung yg kakek buyut mereka berasal dari aceh yg diasingkan belanda

    BalasHapus