expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Pasang Iklan Disini

Pasang Iklan Disini

Senin, 16 September 2013

Apa Saja yang Bisa Kita Lakukan di Sabang ?

   Sabang adalah sebuah kota sekaligus pulau yang terletak disebelah utara pulau Sumatra, Indonesia.
sayang jika anda berlibur ke Aceh tanpa mampir ke Sabang yang memiliki pantai yang sangat indah.
juga ekosistem laut yang saya jamin akan memukau mata anda dan tidak akan menyesal jika berkunjung
kesini.



  



  




Ada beberapa tempat yang menarik di Sabang, yang paling terkenal salah satunya adalah pantai iboih,
ada juga Anoi itam (pasir hitam) dimana kita bisa melihat pulau Sumatra dan juga kota Banda Aceh dengan jelas. Selai itu ada juga pulau paling ujung di Indonesia, yaitu pulau Rondo. Namun karena keberadaannya
yang kecil serta tak berpenghuni, maka tugu 0 km Indonesia di buat di pulau Sabang.


















Pantai Sumur Tiga, Sabang, Aceh, Indonesia



   Selain tempat wisata, ada juga tempat bersantai yang bagus di Sabang, yakni Sabang fair, yang terletak hanya 2km dari kota Sabang.



   Bagi kalian yang ingin berlibur di Sabang, sekiranya ada beberapa hal yang wajib anda lalukan disini,
karena rugi jika pergi ke Sabang tanpa melakukan beberapa hal di bawah ini.

  Tugu Km 0
1. Mengunjungi Titik 0 Km Indonesia

Bagi Anda yang sangat cinta dengan Republik Indonesia, tugu yang satu ini bisa menjadi kebanggaan tersendiri. Mengunjungi titik 0 Indonesia menjadi cerita seru yang tak akan terlupakan, apalagi kita bisa mendapatkan Sertifikat Km 0 yang ditandatangani langsung oleh Walikota Sabang.
Tugu ini berjarak kurang lebih 29 km dari pusat Kota Sabang, dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam 30 menit bila menggunakan kendaraan. Tugu setinggi 20 meter tersebut berwarna krem dan merah muda dengan lambang Garuda yang sedang menggengam angka 0 di puncaknya. Di lantai 2 tugu ada 2 buah prasasti, yang ditandatangani Menteri Riset dan Teknologi/Ketua BPP Teknologi BJ. Habibie, pada 24 September 1997.
Isinya menjelaskan bahwa penetapan posisi geografis Km 0 Indonesia itu diukur para pakar BPP Teknologi dengan menggunakan teknologi Global Positioning System (GPS). Sementara prasasti kedua menjelaskan dalam angka  posisi geografis Km 0. Yang pasti jangan lupa untuk mengabadikan momen ini menggunakan kamera. Carilah posisi di bagian barat tugu untuk mendapatkan wujud tugu keseluruhan.


 
2. Senorkeling di pantai iboih


Tak lengkap ke Pulau Weh tanpa mencoba snorkeling atau diving di Iboih. Gampong Iboih memang terkenal dengan wisata baharinya. Ada 3 tempat yang menjadi primadona kunjungan wisatawan di Iboih, yaitu Pantai Teupin Sirkui, Pantai Pulau Rubiah dan Pantai Gapang. Untuk sekali snorkeling sepuasnya, wisatawan hanya dikenakan Rp.45.000 saja. Alat yang disewakan berupa snorkel, pelampung dan fin.
Sedangkan untuk sekali menyelam, wisatawan dikenakan tarif sebesar Rp 400.000 lengkap dengan instruktur. Bagi penyelam pemula harus mendapatkan teori dasar tentang fungsi perlengkapan menyelam selama kurang lebih 20 menit oleh sang instruktur, atau yang lebih dikenal sebagai 'buddy'.
Setelah paham, mulailah untuk bersiap-siap melakukan latihan dasar menyelam dengan kedalaman sekitar 2 meter. Setelah terbiasa bernapas menggunakan mulut di bawah air itu artinya sudah bisa untuk melanjutkan ke tingkat selanjutnya. Tapi jangan sekali-kali diving sendirian, usahakan buddy selalu menemani waktu diving. Hal ini untuk mengurangi risiko yang mungkin terjadi selama diving.
 
3. Mencicipi rujak buah Pulau Klah

Selain terkenal kelezatannya, yang menjadi daya tarik rujak Pulau Klah adalah pemandangan langsung menuju Pulau Klah dengan hamparan laut yang berwarna hijau dan biru, karena itulah rujak itu disebut sebagai rujak buah Pulau Klah walaupun tidak berada di Pulau Klah.

4. Makan sate gurita dan mie jalak

Apalah arti liburan tanpa wisata kuliner. Di Sabang, ada beberapa makanan yang wajib dicicipi pun digemari masyarakat dan wisatawan. Dua di antaranya adalah Sate Gurita dan Mie Jalak.
Sate gurita ini terhitung masakan khas Sabang yang belum lama ditemukan, namun keberadaannya sering dicari oleh warga dan wisatawan. Sate gurita ini pada dasarnya sama dengan sate biasa, dengan bumbu kacang atau bumbu padang. Yang jadi daya tariknya adalah daging gurita yang dimasak lembut dan bumbunya meresap sampai ke dalam. Untuk seporsi sate gurita hanya dikenai Rp 10.000 saja.
Mie jalak merupakan masakan khas Sabang yang udah ada sejak lama, merupakan resep turun temurun sejak zaman Belanda. Mie jalak ini bisa ditemukan di Toko Pulau Indah, di Jalan Perdagangan. Harga satu porsi mie jalak hanya Rp 10.000 saja.

5. Mengunjungi Tugu Sabang – Merauke

Selain tugu Km 0, Sabang memiliki tugu yang bersejarah lainnya yaitu Tugu Kembar Sabang Merauke. Dinamakan Tugu Kembar Sabang Merauke karena tugu ini yang memiliki kesamaan dengan tugu yang ada di Sota, Papua. Dikatakan kembar, karena ada 2 tugu yang sama dengan lokasi yang berbeda, satunya berada di Km 7, tugu Km 0 yang pertama, sedangkan satu lagi berada di pusat kota, di depan kantor Walikota Sabang.


6. Menikmati sunrise di Pantai Anoi Itam

Bagi pecinta Matahari Terbit, pemandangan indah di Pantai Anoi Itam jangan sampai terlewatkan. Berada kurang lebih 11 km dari pusat kota, inilah pantai di wilayah timur Sabang. Selain itu wisatawan juga bisa keindahan bawah lautnya. Terumbu karang yang ada di pantai berpasir hitam ini tidak kalah menarik dengan terumbu karang yang ada di Iboih, hanya saja alat snorkel harus dibawa sendiri.

7. 'Surga tersembunyi' di Jaboi

Menurut sejarah, Sabang berasal dari kata Shabag yang artinya gunung meletus. Hal ini dibuktikan dengan masih adanya gunung berapi yang ada di bawah laut dan daratan, salah satunya gunung berapi Jaboi yang berada di Gampong Jaboi, kurang lebih 15 km dari pusat Kota Sabang. Di Gunung Berapi jaboi kita bisa melihat langsung kawah yang masih aktif dan aliran air hangat yang mengalir di sekitar kawah. Selain itu kita bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa cantik dengan latar yang serba putih.





8. Sunset di Sabang Hill

Bagi pecinta panorama matahari terbenam, Sabang Hill menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi. Selain menikmati sunset kita juga bisa menikmati pemandangan Teluk Sabang yang teduh, sambil menikmati segelas teh hangat di cafe hotel Sabang Hill. Kalau beruntung, wisatawan bisa melihat gerombolan lumba-lumba keluar dari teluk!








9. Belanja baju tulisan Sabang
Saatnya berburu buah tangan. Bagi wisatawan yang mencari kaos atau t-shirt dengan desain yang unik dan menarik bisa mampir di Piyoh Design, di Jalan Cut Mutia No.11, Kota Atas. Toko ini menyediakan beragam cinderamata khas Sabang seperti pin, gantungan kunci, boneka, tas, stiker dan lain-lain yang bercirikan Kota Sabang. Kualitasnya juga bagus.

10. Oleh-oleh bakpia dan salak Sabang

Siapa bilang bakpia hanya ada di Yogya? Anda bisa membawa cinderamata berupa bakpia dan salak Sabang. Bakpia Sabang terkenal karena memiliki rasa yang enak, lembut di dalam renyah dan gurih di luar. Ada berbagai varian rasa seperti original, pandan, kopi dan durian. Harga perkotaknya hanya Rp 15.000 saja. Wisatawan bisa mendapatkannya di Dapat Jalan Perdagangan atau Pelabuhan Balohan.
Satu lagi yang wajib dibawa pulang dari Sabang yaitu salak. Salak hasil perkebunan Balohan ini memiliki rasa yang renyah dan manis, selain itu memiliki bentuk yang lebih kecil dibanding salak yang lain. Harga perkilonya hanya Rp 20.000 saja, bisa didapatkan di Pelabuhan Balohan.


 Translate:
                                             What We Can do In Sabang ?

  Sabang is a city as well as the island lies just north of the island of Sumatra, Indonesia.unfortunately if you are on vacation without visiting to Aceh to Sabang which has a very beautiful beach. Marine ecosystems also that I guarantee will amaze your eyes and do not be sorry if you visit here.

 There are several places of interest in Sabang, one of the most famous is the beach Iboih,
there is also Anoi ITAM (black sand) where we could see the island of Sumatra and Banda Aceh city clearly. Jam was also the farthest island in Indonesia, namely the island of Rondo. However, because its existence, are small and uninhabited, the monument 0 miles Indonesian island created in Sabang.


 
      In addition to the tourist attractions, there is also a great place to relax in Sabang, Sabang the fair, which is located just 2km from the town of Sabang.

     For those of you who want to vacation in Sabang, should there be some things that you must intervenes here, because if you go to Sabang loss without doing a few things below.



1. Visit 0 km Indonesia

  For those of you who really love the Republic of Indonesia, the monument is one to be proud of. Getting to the point 0 Indonesia into exciting stories that will never be forgotten, moreover we can gain Km 0 Certificate signed by the Mayor of Sabang.

  This monument is approximately 29 km from the center of Sabang, with a travel time of approximately 1 hour 30 minutes when using the vehicle. The 20 meter high monument and pink beige with Garuda emblem are to grasp the number 0 on the peak. On the 2nd floor there are 2 pieces monument inscription, signed by the Minister of Research and Technology / Chief Technology BPP BJ. Habibie, on 24 September 1997.

  It explains that the determination of the geographical position of the measured Km 0 Indonesia BPP Technology experts using the Global Positioning System technology (GPS). While the second inscription describes the geographical position numbers Km 0. Which certainly do not forget to use the camera to capture the moment. Look for a position in the western part of the monument to get the overall form of the monument.
      



2 . Snorkeling at the beach IboihWeh Island is not complete without trying to snorkeling or diving in Iboih . Iboih village is famous for tourist baharinya . There are 3 places that are excellent tourist arrivals in Iboih , namely Sirkui Teupin Beach , Island Beach and Beach Rubiah Gapang . For once unlimited snorkeling , tourists were only charged Rp.45.000 alone . Tool in the form of rent snorkels , buoys and fins .As for the once diving , tourists charged a rate of Rp 400,000 complete with instructors . For novice divers should get a basic theory about the function of dive gear for 20 minutes by the instructor , or better known as ' buddy ' .Once understood , begin to get ready for basic training dives with a depth of about 2 meters . Once accustomed to using mouth breathing under water it means it can be to move on to the next level . But you should never dive alone , always with time buddy try diving . This is to reduce the risks that may occur during diving .3 . Taste the fruit salad Klah IslandIn addition to the famous delicacy , which is the main attraction Klah Island salad is a direct view to the island Klah with a stretch of sea green and blue , that's why it's called a salad fruit salad Klah Island despite not being on the island Klah .4 . Eat satay noodles octopus and starlingsWhat is the meaning without a culinary vacation . In Sabang , there are some foods that should be sampled was popular with the public and tourists . Two of them are Sate Noodles Octopus and starling .This octopus skewers countless specialties Sabang recently discovered , but its presence is often sought by residents and tourists . Sate octopus is basically the same as the usual satay with peanut sauce or seasoning desert . So that its appeal is octopus meat is cooked until tender and the marinade seep into . Octopus skewers to a serving is only Rp 10,000 only.Noodle dishes Sabang starlings is that already a long time, a recipe handed down since the Dutch era . Starlings noodles can be found at Shop Beautiful Island , on Trade Street . The price of a portion of noodles starlings only Rp 10,000 only.5 . Visit the monument Sabang - MeraukeIn addition to the monument Km 0 , Sabang has other historic monument Tugu Twins are Sabang Merauke . Named Monument Twins Sabang Merauke because the monument has in common with the existing monument in Sota , Papua . Said to be twins , because there are two pillars are the same with different locations , which is located at Km 7 , Km 0 of the first pillar , while the other one is in the city center , in front of the office of Mayor of Sabang .


 6 . Enjoy the sunrise on the beach Anoi ITAMFor lovers of the Rising Sun, beautiful scenery in the ITAM Anoi Coast not to be missed . Located approximately 11 km from the city center , this is the Sabang beach in the eastern region . Besides tourists can also underwater beauty . Coral reefs in the black sandy beach is no less interesting to coral reefs in Iboih , only to bring their own snorkel equipment .7 . ' Hidden Paradise ' at JaboiHistorically , Sabang shabag derived from the word meaning mountain erupted . This is evidenced by the presence there volcanoes under the sea and land , one of which volcanoes are located in Gampong Jaboi Jaboi , approximately 15 miles from the center of Sabang . In Volcano Jaboi we can see directly the active crater and flow of warm water that flows around the crater . Besides, we can enjoy the outstanding natural beauty with a gorgeous all-white background .


 8. Sunset on Sabang Hill



For lovers of panoramic sunset, Sabang Hill became one of the places that must be visited. Besides enjoying the sunset we can also enjoy views of Sabang Bay shade, while enjoying a glass of hot tea in the cafe hotel Sabang Hill. If lucky, visitors can see dolphins hordes out of the bay!

  9. Clothes shopping Sabang posts



Time for souvenir hunting. For tourists who are looking for shirts or t-shirts with unique designs and attractive can drop in Piyoh Design, at Jalan Cut Mutia 11, the Upper City. This store offers a variety of unique souvenirs Sabang such as pins, key chains, dolls, bags, stickers and others characterized Sabang. The quality is also good.



10. Buy bakpia cake and barking Sabang



Who says bakpia only in Yogya? You can bring a souvenir bakpia and barking Sabang. Sabang Bakpia known for having good taste, soft inside and crispy outside savory. There are a variety of flavors such as original, pandan, coffee and durian. Perkotaknya price only Rp 15.000 only. Travelers can get to Commerce Street or Port Balohan.

One more thing that must be brought home from Sabang is barking. Salak plantations result Balohan has a sweet flavor and crisp, but it has a smaller form factor than other bark. Perkilonya price only Rp 20,000 only, can be found in the Port Balohan.


1 komentar:

  1. ArenaDomino Partner Terbaik Untuk Permainan Kartu Anda!
    Halo Bos! Selamat Datang di ( arenakartu.org )
    Arenadomino Situs Judi online terpercaya | Dominoqq | Poker online
    Daftar Arenadomino, Link Alternatif Arenadomino Agen Poker dan Domino Judi Online Terpercaya Di Asia
    Daftar Dan Mainkan Sekarang Juga 1 ID Untuk Semua Game
    ArenaDomino Merupakan Salah Satu Situs Terbesar Yang Menyediakan 9 Permainan Judi Online Seperti Domino Online Poker Indonesia,AduQQ & Masih Banyak Lain nya,Disini Anda Akan Nyaman Bermain :)

    Game Terbaru : Perang Baccarat !!!

    Promo :
    - Bonus Rollingan 0,5%, Setiap Senin
    - Bonus Referral 20% (10%+10%), Seumur Hidup


    Wa :+855964967353
    Line : arena_01
    WeChat : arenadomino
    Yahoo! : arenadomino

    Situs Login : arenakartu.org

    Kini Hadir Deposit via Pulsa Telkomsel ( Online 24 Jam )
    Min. DEPO & WD Rp 20.000,-

    INFO PENTING !!!
    Untuk Kenyamanan Deposit, SANGAT DISARANKAN Untuk Melihat Kembali Rekening Kami Yang Aktif Sebelum Melakukan DEPOSIT di Menu SETOR DANA.

    BalasHapus