expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Pasang Iklan Disini

Pasang Iklan Disini

Rabu, 20 Maret 2013

MARKETING MANAGEMENT : BRAND ACTIVATION




  Brand activation adalah salah satu bentuk promosi merek yang mendekatkan merek dengan penggunanya melalui berbagai aktivitas yang menarik perhatian konsumen. Saat ini, selain melakukan iklan, banyak Brand juga yang memilih untuk menggunakan Brand Activation.
Beberapa keunggulan Brand Activation adalah adanya interaksi langsung antara Brand dengan konsumen. Hal ini tentu akan membuat hubungan konsumen terhadap Brand semakin erat.  Ketika hubungan sudah semakin erat maka konsumen akan dengan senang hati membeli produk  dan mempromosikan produk suatu brand kepada teman-temannya.


  Selain itu Brand Activation juga biasanya dilakukan dalam suasana yang fun dan santai sehingga memudahkan Brand menyampaikan pesannya kepada konsumen.

   Satu yang paling saya suka dari Brand Activation adalah adanya hubungan yang erat antara Brand Activation dengan social media. Bayangkan jika excitement dan eforia yang sudah tercipta di offline bisa dipindahkan ke ranah online, tentu bakal menciptakan Word Of Mouth yang sangat dahsyat.

   Kontribusi paling besar dari brand activation adalah menciptakan kepercayaan antara pelanggan, masyarakat, dan merek (perusahaan yaitu). Di sisi lain, kepercayaan adalah salah satu faktor kunci dalam menciptakan loyalitas konsumen terhadap merek.

  Secara tradisional, brand activation didefinisikan sebagai suatu proses yang memungkinkan keterlibatan pelanggan dengan merek. Namun, brand activation tidak hanya sekadar melibatkan melainkan membangun keterlibatan pelanggan dengan pengalaman merek serta membuat merek tersebut aktif di benak pelanggan dalam arti bahwa kegiatan tersebut membawa merek seakan hidup. Karena itu, tujuan dari brand activation bukan sekadar mendapatkan publisitas.

  
  Ketika brand strategi dilaksanakan, perusahaan hanya perlu mengarahkan agar bagaimana caranya para pelaksana kegiatan di semua tingkatan organisasi memberikan tawaran total kepada  pelanggan. Karena itu, brand activation harus, pertama, bisa mengaktifkan permintaan terhadap merek atau penjualan. Kedua, membangun hubungan emosional antara konsumen dan merek pada waktu yang tepat, di tempat yang tepat dan dengan cara yang benar, sehingga memotivasi komitmen konsumen. Ketiga, dengan mengubah pengetahuan mendalam tentang merek ke dalam tindakan, terbangun kepercayaan konsumen terhadap merek sehingga komitmen untuk membeli menjadi lebih menjanjikan.

  Karena itu, brand activation dapat didefinisikan sebagai sebuah interaksi pemasaran antara konsumen dan merek. Disini konsumen dapat memahami merek secara lebih baik dan menerimanya sebagai bagian dari kehidupan mereka. Implikasinya, hubungan antara merek dan pelanggannya seyogyanya berlangsung dalam jangka panjang, tidak untuk waktu yang pendek. Sebuah merek yang aktif menawarkan produk dan layanan harapannya adalah memberikan  posisi merek.

  Sebagai  contoh, saya dan teman saya ditunjuk sebagai panitia brand activation produk es krim Magnum Gold terbaru di sebuah mall di Bandung, disini tentu saja agar menarik perhatian konsumen, kami harus membuat semuanya dari tempat, hingga proses promosi semenarik mungkin. Disini kami membuat replika es krim Magnum raksasa dan ada beberapa orang yang menikmati es krim tersebut. Nah dengan melihat itu konsumen pun menjadi tertarik untuk membeli. Disini juga kita harus menyediakan tempat khusus sebagai tempat menjual produk agar konsumen juga dapat mencobanya langsung setelah melihat aksi iklan dari kami.

 












2 komentar:

  1. Sebenarnya tidak masalah dengan apa yang terjadi, tetapi menurut saya informasi seputar [http://buahrumbia.blogspot.com/2013/03/marketing-management-brand-activation.html]
    sangat bermanfaat.


    Domino qq | Dominoqq Online | Agen Bandar Q | BandarQ Online | mejaqq.com

    BalasHapus
  2. sebenarnya iklan yang anda buat sangat kreatif

    BalasHapus